4 Tren Pariwisata 2023, Kebiasaan Kerja Keras-Healing Ditinggalkan

Analisa Pariwisata 2023

sumber : https://travel.kompas.com/read/2023/03/21/190500527/

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan empat tren pariwisata Indonesia pada tahun 2023. Tren pertama, kata dia, adalah munculnya keinginan untuk menjaga kesehatan utamanya kesehatan mental

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “4 Tren Pariwisata 2023, Kebiasaan Kerja Keras-Healing Ditinggalkan”

“Selesainya ambisi, bahwa ke depan paradigma mereka bekerja adalah mencari healing. (Sekarang) mencari fleksibilitas,” kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing yang disiarkan secara online, Senin (20/3/2023). “Jadi kerja-kerja ini mulai ditinggalkan, mereka (mulai) mendorong wellness tourism (wisata kebugaran). Ini harus dimanfaatkan,” lanjutnya.

Menparekraf melanjutkan, tren kedua adalah banyaknya wisatawan yang ingin mencari pengalaman unik dalam setiap perjalanannya. Oleh karena itu, pihaknya akan berusaha mencari inovasi-inovasi pariwisata agar cakupannya lebih luas dan memunculkan pengalaman baru.

“Mereka betul-betul melihat apa nih brand (merek) dan public image dari Indonesia dengan produk andalan pariwisatanya Bali per hari ini,” ujarnya. Tidak hanya skeptis, di tren selanjutnya, wisatawan juga dinilai berpatokan terhadap ulasan jujur mengenai suatu destinasi. Kemudian, pada tren terakhir, mereka juga selalu bergerak sesuai keunikan dari ciri khas masing-masing daerah. “Ini adalah empat mega tren pariwisata yang telah kita lihat, ini akan menghiasi kita ke depan mari kita pastikan proses pemulihan cepat dan berdaya saing dan lebih kuat dan berkelanjutan,” ucap dia.

Penulis : Sania Mashabi
Editor : Ni Nyoman Wira Widyanti